5 Momen Terbaik Berbagi Cokelat

5 Momen Terbaik Berbagi Cokelat

Kebiasaan berbagi di Indonesia nampaknya sudah ada sejak nenek moyang kita dahulu. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan berbagi ini turun menurun menjadi sebuah tradisi di Indonesia. Bahkan menurut Charities Art Foundation (CAF) World Giving Index, Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia (dilansir dari nasional.konten.co.id).

Selain memiliki manfaat untuk orang lain, pada dasarnya kegiatan berbagi ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk diri sendiri. Seperti misalnya: meningkatkan perasaan lebih baik atau bahagia, meningkatkan kepedulian, serta membuat kita lebih bersyukur.

Dari beberapa barang (selain uang) yang dipilih seseorang saat akan berbagi adalah cokelat. Meski cokelat memiliki kecenderungan dibagikan pada momen valentine, namun kenyataannya cokelat dapat dibagikan ke orang terdekat kita pada momen-momen lain seperti berikut ini:

1. Hadiah Kelahiran

Pada dasarnya cokelat tidak hanya camilan manis yang dikonsumsi saat keadaan stres saja. Lebih dari itu, cokelat memiliki sejumlah manfaat yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui seusai melahirkan. Nichoa Lactation Chocolate dapat dijadikan sebagai hadiah kelahiran teman atau kerabat. Jika sebelumnya kita hanya fokus mencari hadiah pada berbagai produk kebutuhan bayi, tidak ada salahnya kita mencoba memberikan perhatian lebih pada si ibu yang baru saja melalui masa-masa sulit usai melahirkan. Dengan begitu kita dapat memberikan dukungan kepada si ibu secara tidak langsung dan juga memberikannya bingkisan yang bermanfaat untuk tubuhnya dan juga bayinya.

2. Thank You Gift (Bingkisan Terima Kasih)

Memberikan Thank You gift (bingkisan terima kasih) dapat ditujukan kepada siapa saja yang kita inginkan. Thank You gift ini biasanya diberikan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan atau bantuan yang diberikan oleh seseorang. Bisa diberikan dari seorang pegawai untuk atasannya atau sebaliknya, bisa diberikan mahasiswa untuk dosen pembimbingnya, dari seorang peserta workshop untuk mentornya, dan lain sebagainya. Dan Thank You gift ini biasanya disertai dengan isi kartu ucapan yang berisikan ungkapan terima kasih atau pesan lainnya yang dibuat dengan lebih personal. Terlebih lagi di saat pandemi seperti sekarang ini, dimana kondisi tidak memungkinkan antara satu orang dengan lainnya untuk bertemu. Dan mengungkapkan rasa terima kasih tidak cukup dengan sekadar ucapan terima kasih di bibir saja melalui telepon atau pesan singkat, namun juga melalui sebuah bingkisan.

3. Perayaan Hari Raya

Hari raya adalah momen yang kerap kali digunakan sebagai momen berbagi bingkisan atau hadiah. Mulai dari teman, keluarga, atau perusahaan. Dan berbagi bingkisan seperti hampers pada saat hari raya, diharapkan si pengirim dapat berbagi kebahagiaan meskipun tidak dapat berkumpul atau berjumpa dengan kerabat atau teman yang ia berikan hampers. Di masa pandemi 2020 dan 2021 lalu sendiri nampaknya permintaan hampers mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dilansir dari nolimit data, ada sekitar 63.227 cuitan twitter dan 16.900 hashtag di instagram yang membicarakan hampers di media sosial. Dan dibandingkan kategori produk lain seperti: pakaian (fashion), alat ibadah, kosmetik, dan rumah tangga, kategori makanan berada di urutan paling atas untuk kategori hampers yang dipilih oleh masyarakat di Indonesia.

4. Hari Besar atau Momen Spesial

Salah satu momen yang tepat untuk memberikan cokelat adalah pada momen hari besar atau hari spesial. Perayaan momen spesial tidak hanya ditujukan untuk pasangan atau sahabat kita, namun bisa diberikan untuk orang terdekat, ibu misalnya. Kita bisa memberikannya beberapa potong cokelat yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk menunjang kesehatannya dan menenangkan pikirannya. Selain memberikan manfaat secara fungsional, memberikan cokelat seperti ini dapat menciptakan rasa kedekatan antara anak dan ibu.

5. Program Penghargaan Perusahaan

Penghargaan perusahaan atau company reward program adalah aktivitas perusahaan dengan memberikan hadiah, baik untuk karyawan yang memiliki prestasi di perusahaan atau untuk konsumen yang telah memiliki loyalitas tinggi menggunakan produk barang/jasa dari perusahaan yang bersangkutan. Penghargaan ini biasanya diberikan sebagai bentuk apresiasi untuk karyawan maupun konsumen.

Dalam momen ini, perusahaan bisa memberikan hadiah berupa cokelat yang dipadukan dengan produk/barang lainnya sebagai ungkapan terima kasih dan apresiasi.