Nichoa & Cokelat

Sejak awal berdirinya pada tahun 2018, Nichoa berkomitmen untuk tidak hanya memproduksi cokelat yang berkualitas, namun juga berkontribusi untuk membantu memperbaiki kualitas hidup petani kakao lokal dan konsumen. Nichoa terus melakukan transformasi dan inovasi di bidang teknologi pangan untuk mendukung produksi berkelanjutan, serta melakukan improvisasi branding dan marketing agar selalu dapat beradaptasi dengan perubahan dan tren. Selain itu Nichoa berusaha untuk terus konsisten mengukur dampak kepada para penerima manfaat produk Nichoa.

Tantangan Kami

Terdapat tiga hal yang menjadi sorotan Nichoa dalam mengawali langkahnya. Di antaranya adalah rendahnya konsumsi cokelat di Indonesia yang hanya 0,4 kg/kapita/tahun karena mindset masyarakat yang menganggap cokelat tidak sehat. Indonesia menjadi penghasil kakao terbesar ketiga di dunia, namun tidak diimbangi dengan kemampuan petani dalam membudidayakan dan mengolah kakao yang berdampak pada harga jual hasil pertanian yang sangat rendah.

Visi, Misi & Nilai

Nichoa hadir dengan cita-cita besar untuk dapat mengenalkan keberagaman cokelat dari Indonesia dengan sentuhan yang berbeda. Selain fokus terhadap kualitas sebuah produk, kami juga berorientasi untuk menjadi perusahaan yang bertanggung jawab dan menerapkan produksi berkelanjutan di setiap lini produksi kami.

Keunggulan Kami

Yang membedakan Nichoa dengan produk cokelat lain adalah ekosistem yang berusaha dibentuk oleh Nichoa yang selalu mengedepankan people and planet first before profit dan unique selling point yang belum tentu dimiliki oleh brand lain.

Bersama Kelompok Tani Wanita di Borobudur dalam kegiatan penyuluhan pertanian kakao.

Penghargaan

2nd Winner Young Changemakers Socio Enterprise

Young Changesmaker Socio Enterprise 2.0 adalah program kolaborasi yang diselenggarakan oleh @america dan campaign.com. Tujuan dari program ini adalah peningkatan kapasitas pelaku usaha sosial yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Setelah melalui serangkaian proses seperti seleksi, coaching class, bootcamp dan presentasi, Nichoa berhasil keluar sebagai juara kedua pada ajang kompetisi ini.

10 Besar Falling Walls Lab Paris (Innovation Product)

Falling Walls Lab adalah sebuah kompetisi ilmu pengetahuan yang terbuka untuk umum, dari berbagai jenjang usia dan latar belakang, termasuk pengusaha. Pada ajang Falling Walls Lab ini peserta memiliki kesempatan untuk mempresentasikan ide inovatifnya.

International Business Readiness – A Course for Women-led MSMEs in the Food Sector Short Term Award participants

International Business Readiness – A course for Women-Ied MSMEs in the food sector adalah sebuah kursus kerjasama antara Australia dan Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan bisnis UMKM Indonesia di bidang pangan yang dipimpin seorang perempuan.

40 Besar Indonesia Food Innovation

IFI atau Indonesia Food Innovation adalah sebuah program akselerasi bisnis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin). Program ini diikuti oleh berbagai IKM pangan yang memiliki inovasi dan memanfaatkan sumber daya lokal sebagai bahan utama produknya.

15 Terbaik Hyundai Startup Challenge

Hyundai Startup Challenge adalah sebuah kompetisi wirausaha sosial yang diselenggarakan oleh Hyundai Motor Group. Kompetisi ini dilaksanakan untuk mencari pelaku usaha sosial muda yang memiliki ide-ide inovatif dan solusi kreatif di berbagai bidang.

10 Terbaik Astra Startup Challenge

Astra Startup Challenge adalah salah satu program yang dilakukan oleh Astra dengan dukungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan inovasi dalam berwirausaha secara kreatif. Serangkaian kegiatan dalam program ini meliputi entrepreneur camp, mentoring, awarding dan lifetime coaching.